Tuntas Wudhu Dan Shalat Sejak Dini

100_3128Salah satu keunggulah SDIT Al Uswah Surabaya adalah pendidikan dan penanaman sejak dini kesadaran beribadah siswa-siswinya. Semua siswa dari awal masuk dididik, dilatih dan disadarkan bahwa ibadah itu adalah kebutuhan hidup manusia. Sama seperti kebutuhan hidup lainnya semisal makan dan minum. Jadi kalau seseorang tidak mau atau malas beribadah, maka hidupnya akan tidak seimbang alias timpang. Alhamdulillah kesadaran seperti ini telah menjadi karakter siswa-siswi Al Uswah sejak dini. Sehingga orang tua mereka di rumah tidak perlu lagi berteriak-teriak menyuruh anak-anaknya untuk mengerjakan sholat ketika adzan sudah berkumandang. Karena di sekolah ini mereka sudah dibiasakan melakukan hal ini sehari-hari.

Untuk menunjang kesadaran ini, di awal mereka masuk sekolah atau di awal semester, sekolah selalu mengadakan pelatihan Tuntas Wudhu dan Tuntas Sholat. Dalam pelatihan ini siswa diajarkan bagaimana cara berwudhu yang benar berikut rukun dan syaratnya. Semua gambaran tentang wudhu yang benar disampaikan dan dipraktekan satu-persatu sampai tuntas. Bahkan satu-persatu siswa juga diminta untuk mempraktekkan materi yang disampaikan. Dan tidak hanya berhenti disitu, nanti dalam prakteknya sehari-hari, beberapa guru ditugaskan untuk mengawasi dan mengevaluasi tata cara wudhu siswa sehari-hari. Apabila ada siswa yang kurang benar dalam berwudhu, guru akan segera mengingatkan. Demikian yang dilakukan sekolah sampai anak-anak sempurna dalam wudhunya.

Tidak berhenti pada praktek tuntas dalam berwudhu. Siswa SDIT Al Uswah sejak dini juga dilatih dan dibiasakan untuk sadar melaksanakan sholat secara sempurna. Mengingat sholat merupakan pilar utama agama Islam, maka pengawalan ibadah ini sangat ditekankan oleh sekolah ini. Seperti pelatihan tuntas berwudhu, sekolah juga mengadakan pelatihan tuntas ibadah sholat. Pelatihan ini merupakan satu paket dengan pelatihan wudhu yang diadakan di awal semester. Sama dengan pelatihan wudhu, dalam pelatihan sholat ini digambarkan bagaimana cara Rasulullah SAW melaksanakan sholat. Guru menerangkan semua syarat dan rukun yang harus dipenuhi bila akan mengerjakan sholat. Guru juga memberi contoh dan mempraktekkan bagaimana cara sholat yang diajarkan Rasulullah SAW. Setelah itu anak-anak diajak bersama-sama untuk mempraktekkan saholat yang benar.

Tidak  berhenti pada materi. Siswa juga diajak melakukan praktik bersama dalam keseharian sehingga para siswa semakin memahami bagaimana teori serta praktik yang benar. Dan yang terpenting pasca pelatihan ini adalah membiasakan siswa melakukan wudhu dan sholat yang benar secara sempurna dalam keseharian. Sebagaimana yang juga sudah berjalan di sekolah, yaitu pembiasaan  sholat  Dhuhur dan Ashar secara berjamaah. Dengan pembiasaan ini diharapkan bisa menjadi pondasi mereka ketika memasuki usia remaja maupun dewasa nanti. Sehingga dengan kharakter yang terbangun sejak dini ini diharapkan mereka kelak menjadi putra-putri yang sholeh dan sholihah, mandiri, berkarakter dan memberi manfaat dan inspirasi bagi linkungan disekitarnya. (H-S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *