IMG_1349Sekolah identik dengan media pembelajaran yang berkutat dengan ruang belajar bernama kelas. Namun, ide – ide kreatif para pengajar dalam mengemas sistem pembelajaran yang menarik selalu menjadi keunggulan SDIT Al Uswah Surabaya. Masa liburan yang cukup lama merupakan tantangan tersendiri bagi siswa maupun pengajar untuk menumbuhkan semangat kembali ke sekolah. Hal inilah yang menjadi motivasi para pengajar untuk membuat aktifitas – aktifitas pembelajaran yang unik serta menarik di awal tahun ajaran  agar tidak terjadi kejenuhan siswa  ketika di sekolah. Tentu dengan tidak meninggalkan dasar – dasar pembelajaran yang melingkupi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Seperti masa re-orientasi siswa yang dilakukan awal masuk sekolah setelah libur panjang menjelang lebaran kali ini. SDIT Al Uswah telah merancang serangkai acara yang unik dan  menarik untuk siswa yang digunakan sebagai sarana re-orientasi sekolah.  Berawarl dari agenda saling bermaafan antara siswa maupun guru serta para tetangga terdekat sekolah. Dalam aktifitas tersebut  bertujuan untuk merangsang sikap saling memaafkan dan berbagi melalui parcel  yang merupakan kumpulan kue lebaran yang mereka bawa dari rumah. Dan parcel yang dibuat adalah hasil karya siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 dengan beragam bentuk dan bungkusan yang unik yang dibuat oleh siswa sendiri.

Masa re-orientasi berlanjut dalam bentuk yang berbeda-beda setiap jenjangnya. Seperti yang dilakukan oleh tim jenjang kelas satu yaitu membuat roti bakar serta susu. Dalam aktifitas ini bertujuan untuk menumbuhkan daya kreatifitas siswa serta memumpuk sikap kemandirian siswa sejak dini. Lain cerita, jenjang kelas 6 . Setelah mengisi masa re-orientasi yang tersisa dengan Test Diagnostik yakni test awal untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 6 yang akan menempuh Ujian Semester dan Ujian Nasional periode tahun ajaran ini. Setelah melakukan test, tim jenjang kelas 6 selalu membuat ide unik melalui refresh. Yaitu sebuah aktifitas disela test- test yang dilakukan oleh kelas 6. Refresh kali ini berupa membuat aneka macam bentuk tampilan rujak manis yang disebut rujak party.  Refresh ini selain bertujuan untuk merefresh aktifitas siswa setelah tes atau try-out juga merupakan media yang memacu daya kreatifitasnya dalam berbagai bentuk.  Salah satu idenya adalah berbagai macam bentuk tampilan aneka rujak dengan bahan dari aneka buah yang ada.

Aktifitas-aktifitas unik seperti refresh inilah yang cukup efektif meransang ide-ide kreatif siswa dalam proses pembelajarannya. Sehingga titik kejenuhan dan kebosanan selama pembelajaran bisa terpecahkan dengan refresh yang bermanfaat. Selain untuk mengembangkan softskill  seperti leadership serta kerjasama dan aktifitas ini jauh lebih mampu menumbuhkan daya kreatifitas siswa sejak dini. Belajar menjadi lebih asyik serta menyenangkan. (Hm)

Leave a Comment