upacara-17-agustusPeringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 69 tanggal 17 Agustus 2014 diadakan dimana-mana. Mulai dari istana Merdeka Jakarta sampai di seluruh pelosok kota dan desa. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang mengadakan upacara bendera, ada pula yang mengisinya dengan berbagai macam acara seperti renungan kemerdekaan, doa bersama dan berbagai macam lomba. Suasana meriahpun terjadi dimana-mana. Baik tua ataupun muda, semuanya merasakan suasana kegembiraannya atas kemerdekaan Indonesia. Tidak ketinggalan juga segenap siswa dan para guru SDIT Al Uswah Surabaya. Pada hari Ahad tanggal 17 Agustus 2014 di halaman sekolah, dilaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia ini.

Sejak Ahad pagi sekali para siswa dengan bersemangat berbondong-bondong mendatangi tempat upacara. Wajah-wajah mereka terlihat ceria meskipun mereka harus masuk sekolah saat hari libur sekolah. Seakan mereka ikut merasakan betapa gembiranya seluruh rakyat Indonesia telah menikmati kebebasannya dari penjajahan Mereka juga terlihat bersemangat dan tertib dalam mengikuti setiap sesi acara dalam rangka peringatan ini. Mulai dari prosesi upacara bendera sampai acara-acara lainnya. Upacara yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini diiukti oleh siswa kelas 4, 5 dan 6, dengan perangkat upacara oleh para ustadz- ustadzah

Dalam amanatnya, Pembina Upacara menyampaikan bagaimana cara mensyukuri kemerdekaan ini. Salah satunya adalah membalas jasa para pahlawan dengan kerja-kerja terbaik yang bisa mereka lakukan sebagai seorang pelajar. Pembina upacara juga mengkisahkan bagaimana lika-liku perjuangan para pahlawan ketika merebut kemerdekaan. Hal tersebut membuat suasana upacara terasa khidmat dan mengharukan.

Disamping upacara bendera, acara lain yang diadakan adalah menyanyikan lagu – lagu kebangsaan, menonton film – film perjuangan detik -detik perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dan lain-lain. Dari serangkaian acara tersebut, para siswa bisa mengambil sebuah kesimpulan tentang apa yang bisa lakukan untuk membalas jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan di era sekarang. Jawaban para siswa cukup menarik dengan daya nalar yang seusia mereka. Beberapa contoh siswa yang memberikan jawabannya atas pertanyaan. Apa yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan saat ini ? Jawabnya, sholat 5 waktu, mengaji, belajar , berani , cerdas, semangat, kerjasama, mandiri dan tanggungjawab dan lain-lain. Alhamdulillah serangkaian acara yang singkat ini bisa memberikan nilai- nilai yang berharga bagi siswa -siswi di seluruh dunia pada umumnya dan SDIT AL Uswah Surabaya pada khususnya. Dan tentunya bisa diamalkan dalam kehidupan sehari – hari mereka.

Leave a Comment