Pembelajaran Calistung kelas 5 di semester 1 menitikberatkan pada kemampuan menulis berupa cerita pendek dan puisi. Kemudian di semester 2, bertepatan dengan Karya Ilmiah (KAIL) maka karya-karya siswa akan dibukukan. 

Siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menciptakan sebuah karya ilmiah yang dihasilkan melalui penelitian dan menciptakan alat sederhana. Pada akhir pembelajaran, masing-masing kelompok mempresentasikan karya ilmiahnya di depan guru dan wali murid.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kecerdasan linguistik, intrapersonal, jiwa kompetisi dan keberanian siswa untuk tampil di depan umum. Pelaksanaannya dimulai pada 20 – 22 Pebruari 2018.

Salah satu karya ilmiah siswa yang menarik adalah mereka berhasil membuat Jemuran Otomatis. Dimana dalam hal ini, mereka telah mampu menemukan solusi dari salah satu masalah kecil yang ada di sekitar mereka. Dengan alat Jemuran Otomatis itu diharapkan jemuran pakaian akan berpindah secara otomatis ke tempat yang teduh ketika hujan turun sehingga pakaian tidak menjadi basah.

Alhamdulillah… semoga hal ini dapat menginspirasi kita semua dan semoga prestasi anak-anak semakin maju dan bisa berkontribusi untuk masyarakat dan dunia.

Amiin

Leave a Comment