41Merupakan sebuah  kebutuhan bagi para pengajar untuk mampu mengelola kelas dengan baik sehingga siswa merasa nyaman belajar di kelas bersama para gurunya. Inilah yang dilakukan oleh Unit Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Yayasan Ukhuwah Islamiyah Surabaya. Dalam rangka meningkatkan kwalitas para pengajar di SDIT Al Uswah Surabaya pada tanggal 6 – 8 Agustus 2014 diadakan pelatihan Excellent Training. Tujuan pelatihan selama tiga hari ini adalah untuk mengupgrade kompetensi para  pengajar. Ini sudah menjadi tradisi bagi para guru (ustadz dan ustadzah) di sekolah ini, terutama bagi guru yang baru bergabung di SDIT Al Uswah. Ini semua dilakukan demi menghasilkan generasi – generasi hebat yang menjadi tujuan utama dari sekolah ini.

Training yang diperuntukan bagi  22 guru ini terbilang cukup menarik. Hal ini disebabkan karena acara ini diselenggarakan saat liburan sekolah yang biasanya para guru juga sedang menikmati liburan. Meski dalam suasana liburan, tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti training ini. Para trainer mampu menjadikan suasana training dan peserta cukup  antusias dan bersemangat. Para peserta yang dipandu untuk mengembangkan Excellent Teaching melalu beberapa jenis pelatihan dan workshop tidak melewatkan sedikitpun setiap moment yang diikuti. Para mendapatkan materi tentang bagaimana memanaj (mengelola) kelas melalui tipe – tipe belajar para siswa. Peserta juga dilatih membangun kreatifitas kelas  dengan menghidupkan suasana belajar melalui afirmasi – afirmasi yang dibuat bersama baik melalui gambar maupun kata–kata positif. Dan ternyata kretifitas para peserta tergali melalui Excellent Training kali ini. Mulai dari cara membuat afirmasi melalui gambar, kata–kata , maupun ice breaking yang unik sehingga nuansa kelas selalu semangat dan ceria.

Di hari ketiga, para peserta dibuat terlibat aktif dalam mempraktikan bagaimana cara manajemen kelas yang baik dengan membuat panduan RPP ( Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ). Di sesi inilah banyak ditemukan ide kreatif para peserta, yang  mayoritas adalah guru baru, dalam mengekspresikan strategi–strategi unik untuk menyampaikan materi agar mudah ditangkap oleh peserta didiknya di kelas.  Dan juga bagaimana seorang pengajar  bisa membawakan materi sesuai dengan bahasa yang bisa di pahami oleh anak–anak, sebagaimana yang ada dalam asas utama Quantum Learning, yaitu membawa dunia mereka ke dunia kita, dan menghantarkan dunia kita ke dunia mereka

Dan diakhir training  para peserta terlihat merasa puas dengan pelatihan Excellent Training ini. Banyak ide dan hal–hal baru terkait pengajaran yang mereka dapatkan khususnya terkait dengan Kurikulum 2013. Sehingga dalam menghadapi tahun ajaran baru, mereka benar-benar siap untuk mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapatkan dari training ini. Karena semua berharap dengan kualitas guru yang memadai maka akan melahirkan  siswa–siswa yang juga sarat prestasi.  Selamat berkarya ! (eha)

Leave a Comment